Beranda » Anime Festival Asia Indonesia Sempat Tertunda, Mengapa Demikian?

Anime Festival Asia Indonesia Sempat Tertunda, Mengapa Demikian?

Mengapa Anime Festival Asia di Indonesia diberhentikan sementara pada 2019 dan adakah alasan dibalik penghentian event tersebut?

Melalui media sosial dari platform Facebook maupun Twitter, Anime Festival Asia (AFA) akan mengadakan eksibisinya kembali di Indonesia! Kira-kira, mengapa AFAID tahun sebelumnya sempat tertunda untuk sementara dan adakah alasan dibalik penghentian event tersebut?

Anime Festival Asia Indonesia Telah Berjalan Tujuh Kali!

Sebelumnya, Kalian mungkin pernah ingat bahwa AFAID telah digelar kurun waktu enam tahun antara 2012 hingga 2018. Event pertama mereka telah digelar di Jakarta International Expo dan diadakan selama tiga hari. Kemudian tahun selanjutnya AFAID mengganti venuenya di Jakarta Convention Center dan seterusnya selama lima tahun.

Beberapa artis Jepang papan atas yang telah meramaikan Anime Festival Asia di Singapura didatangkan ke Indonesia. Termasuk diantaranya yang pernah datang ke AFAID adalah Jam Project, Stereopony, Eir Aoi, Kalafina dan masih banyak lagi.

Namun takdir berkata lain ketika penyelenggara telah resmi menyatakan bahwa AFAID tahun 2018 menjadi yang terakhir bagi perhelatan AFA di Indonesia. Mengapa keputusan tersebut sempat terpikirkan?

Apa Alasan Dibalik AFAID 2018 Menjadi Pagelaran Terakhir?

Mengutip portal berita Antara, pihak penyelenggara resmi dari AFAID menjawab dibalik keputusan untuk festival anime tersebut dihentikan. Managing Director dari SOZO PTE LTD Singapura, Shawn Chin, mengatakan bahwa mereka ingin memberhentikan event tersebut untuk evaluasi secara keseluruhan, khususnya di Indonesia.

AFAID untuk tahun 2019 tidak lagi digelar meski kala diwawancarai Antara event untuk tahun selanjutnya masih berupa wacana.

“Kami sangat peduli dengan fans Indonesia. Kami hanya ingin memberitahukan bahwa tidak akan ada AFAID 2019,” kata Shawn di hari pertama AFAID 2018.

Kemudian, dari Managing Director PT Sozo Entertainment Indonesia, Mari Hendro, mengatakan bahwa pengadaan event AFAID tergantung kepada kondisi logistik yang berkembang di Tanah Air.

“Rencananya (AFAID) mau kembali lagi, namun kondisi di Indonesia termasuk logistik mempersulit pihak penyelenggara untuk membuat event di sini,” jawab Mari Hendro.

Ia menambahkan bahwa AFAID untuk sementara akan istirahat terlebih dulu, selagi penyelenggara memantau situasi untuk kedepannya.

Creators Super Fest, Pengganti AFAID Yang Ramai!

Sebagai pendamping event AFA, Creators Super Fest sempat diselenggarakan oleh penyelanggara Sozo, yang juga adalah promotor resmi AFAID.

Event yang telah digelar selama dua kali pernah diadakan di dua tempat di Jakarta, yaitu di Neo Soho pada 2018 dan Smesco Convention Hall tahun 2019. Pada dua pagelaran tersebut, penyelenggara membuka booth untuk para kreator yang ingin menjual hasil karya mereka kepada khalayak umum.

Creators Super Fest juga diadakan di kota lainnya seperti Surabaya pada 2019. Pada saat itu, CSF 2019 Surabaya mendatangkan beberapa artis terkenal dari Jepang, diantaranya Amaki Sally, personil dari grup 22/7 dan Kaguya Luna, virtual Youtuber terkemuka.