Beranda » Mengintip Kemeriahan Konser Rockman (Mega Man) Live 2020

Mengintip Kemeriahan Konser Rockman (Mega Man) Live 2020

Capcom dan Yomiuri TV mengadakan konser yang membawakan berbagai BGM ikonik dari franchise gim Mega Man (Rockman), dengan mengusung nama Rockman Live. Konser Rockman Live untuk tahun ini telah diadakan di dua kota; Tokyo (Shinagawa Intercity Hall, 5 – 6 Januari 2020) dan Osaka (Cool Japan Park, 18 Januari 2020). Iklan promosi konser ini bisa disaksikan pada video berikut.

Musik pengiring dalam gim, juga dikenal sebagai Video Game Music (VGM) atau Background Music (BGM) menjadi salah satu hal penting . Beragam konser dari skala kecil hingga besar yang membawakan komposisi VGM sering diadakan, apalagi jika franchise gim tersebut sudah dianggap ikonik.

 

Laman situs Grapee telah melaporkan kemeriahan konser Rockman Live 2020 yang berlangsung di Tokyo (5/1). Konser Rockman Live 2020 dibagi menjadi lima segmen yang membawakan BGM dari seri Mega Man dalam nuansa yang berbeda. Berikut adalah rangkaian musisi yang turut memeriahkan konser Rockman Live 2020.

Rockman Special Band

Tim Rockman Special Band tersusun atas beragam musisi ternama yang pernah mengisi berbagai macam soundtrack anime dan gim.

  • Noriyuki Iwadare, sebagai pemain trombone dan tamburin
  • Noriyuki Kamikura, sebagai pemain keyboard dan gitaris
  • Atsushi Enomoto, sebagai pemain bass
  • Daisuke Miyazaki sebagai gitaris
  • Genta Shirakawa (Osaka) dan Louis (Tokyo) sebagai drummer
  • Mari Matsubara sebagai pemain biola

Dikarenakan Yuu “masshoi” Yamauchi yang seharusnya mengisi posisi drummer untuk Rockman Special Band telah meninggal dunia pada Desember 2019 lalu, posisinya digantikan oleh Genta Shirakawa dan Louis.

Penampilan mereka dibagi menjadi dua bagian. Pada bagian awal, mereka berkolaborasi bersama grup musisi lain, MOS. Sedangkan pada bagian akhir, mereka hanya tampil sebagai satu grup.

MOS

MOS adalah grup band spesialisasi instrumen tiup yang terdiri atas 6 personel wanita; AMI (Alto Sax), Lotta (Tenor Sax), MAU (Baritone Sax), Remi (Terompet), Miyu (Terompet), dan Erna (Trombon). Mereka turut berkolaborasi bersama tim Rockman Special Band hanya untuk penampilan di bagian awal.

Dalam rangka menyambut penampilan mereka di Rockman Live 2020, jauh sebelum hari-H MOS telah mengunggah 2 video yang membawakan BGM Mega Man 2 (Rockman 2), Dr. Wily’s Stage 1 dan medley dari gim Mega Man.EXE (Rockman EXE).

CAPTUNE

Penampilan dari CAPTUNE (Capcom Sound Team) membawakan beragam lagu, salah satunya adalah tema ikonik dari stage 1 Dr. Wily yang wajib ditampilkan. Tim CAPTUNE terdiri atas:

  • Shinya Okada (Keyboard)
  • Yasumasa Kitagawa (Synthesizer)
  • Yoshiya Terayama (Bass)
  • Taisuke Fujisawa (Gitar)
  • Yasuyuki Tsujino (Gitar)
  • Shotaro Nakayama (Drum)

TEAM SHACHI

TEAM SHACHI (dikenal juga sebagai Team Syachihoko) adalah grup idol asal Nagoya yang mengusung konsep ceria. Pada penampilan mereka di konser ini, mereka membawakan aransmen unik dari komposisi hits mereka, Rocket Queen dengan nuansa Mega Man. MCU, rapper dari grup KICK THE CAN CREW turut memeriahkan kolaborasi aransemen ini bersama TEAM SHACHI.

Untuk video klip lagu Rocket Queen versi Mega Man, 4 anggota TEAM SHACHI (Yuzuki, Honoka, Haruka, dan Nao) tampil sebagai tokoh utama! Saksikan petualangan mereka untuk mengalahkan Dr. Wily bersama Mega Man pada video klip di bawah ini.

(https://www.youtube.com/watch?v=Xb5Cnjk78tA)

Komposisi yang dibawakan pada konser Rockman Live 2020 berfokus pada gim Mega Man 2 (Rockman 2), MegaMan.EXE (Rockman EXE), dan Mega Man Zero/ZX Legacy Collection (Rockman Zero & ZX Double Hero Collection). Gambar berikut menunjukan judul-judul lagu (setlist) yang ditampilkan:

Gim Mega Man Zero/ZX Legacy Collection dijadwalkan akan dirilis pada tanggal 27 Februari 2020 di seluruh platform.

(https://www.youtube.com/watch?v=0P3RQFWfW64)

Turut Dimeriahkan Kedatangan Para Seiyuu dari Anime MegaMan.EXE

Pada konser Rockman Live penggemar tidak hanya dimanjakan dengan berbagai aransemen BGM gim Mega Man, mereka dapat menyaksikan kehadiran para pengisi suara (seiyuu) dari anime MegaMan.EXE (Rockman EXE) di atas panggung. Kumiko Higa (Hikari Netto) dan Akiko Kimura (Mega Man/Rockman) terpilih menjadi bintang tamu pada konser Rockman Live tahun ini. Penampilan Higa dan Kimura membawakan karakter mereka secara langsung.

Dikutip dari akun Twitter resmi konser Rockman Live, penonton yang memiliki tiket kategori Super VIP diberi kesempatan untuk bertemu langsung dengan mereka pada sesi temu dan sapa (meet and greet) yang telah ditetapkan oleh panitia.

Dilansir dari laman blog resmi Kimura, dirinya sangat terkesan dengan berbagai surat penggemar yang menyatakan anime Mega Man.EXE telah mewarnai masa kecil mereka. Ia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh kru, para musisi, dan tentunya para penonton atas partisipasinya dalam konser ini.

Diadakan Juga Pameran Pernak-pernik Rockman dan Penjualan Merchandise Eksklusif

Di luar aula konser dipamerkan berbagai pernak-pernik Mega Man. Papan shikishi dengan tanda tangan, koleksi gim, poster, dan sebagainya. Salah satu koleksi yang menarik perhatian adalah prototip dari action figure Mega Man vs Forte keluaran Mega Hobby.

Karena masih dalam suasana tahun baru, Kagamimochi (kue beras persembahan untuk tahun baru) serta hiasan kacang dan Oni (setan) untuk perayaan Setsubun dengan karakter Mega Man pun turut dipajang.

Berbagai merchandise konser eksklusif, seperti lightstick dan gantungan kunci disediakan. Tidak hanya merchandise dari Mega Man, merchandise dari TEAM SHACHI juga dijual pada ajang ini.

Iwadare: “Ku harap semua penggemar ikut mendengarkan (konser) ini.”

Konser Rockman Live! 2020 mendapat sambutan positif dari berbagai penggemar yang telah menyaksikannya, baik di Tokyo maupun Osaka. Banyak penggemar yang ikut bernostalgia dengan berbagai komposisi BGM ikonik dari gim Mega Man.

Sementara itu, Nobuyuki Iwadare menitipkan pesan kepada para penggemar di seluruh dunia untuk turut mendengarkan konser ini karena ada beragam komposisi musik keren yang ingin dibawakan di dalamnya. Dilansir dari akun Twitter resminya, ia sempat memposting foto-foto berisi tanda tangan dukungan dan ucapan terima kasih dari para penonton konser.

Ingin melihat kolaborasi Gundam bersama Hello Kitty? Simak beritanya selengkapnya di sini.

Leave a Comment