Beranda » Tenki no Ko Menangkan Penghargaan Dalam Asia Pacific Screen Awards

Tenki no Ko Menangkan Penghargaan Dalam Asia Pacific Screen Awards

Film anime teranyar garapan sutradara Makoto Shinkai, Tenki no Ko atau Weathering With You, baru saja memenangkan penghargaan Asia Pacific Screen Awards (APSA) dalam kategori Best Animated Feature Film pada hari Selasa (19/11) lalu di Brisbane, Australia. Ini adalah kedua kalinya film karya Shinkai memenangkan penghargaan dari APSA dalam kategori tersebut.

Dengan memenangkan penghargaan ini, Tenki no Ko telah mengalahkan empat nomine lainnya, yaitu film berjudul Mosley karya Kirby Atkins, Underdog karya Oh Sung-yoon, The Unseen karya Behzad Nalbandi, dan sebuah film anime yang berjudul Penguin Highway karya sutradara Hiroyasu Ishida. Sebelumnya, film karya Shinkai lainnya yang bertajuk 5 Centimeters per Second juga memenangkan penghargaan dari APSA pada tahun 2007.

Mengikuti berita dinominasikannya film tersebut, Tenki no Ko bersama dengan Penguin Highway ditayangkan di kota Brisbane pada tanggal 16-17 November lalu.

Film animasi dari Jepang terakhir yang memenangkan penghargaan tersebut sebelum Tenki no Ko adalah film Miss Hokusai garapan Keiichi Hara, yang sempat ditayangkan juga pada gelaran Pekan Sinema Jepang 2018 di CGV Grand Indonesia, Jakarta. Film anime lainnya yang pernah memenangkan penghargaan ini antara lain The Tale of Princess Kaguya dan A Letter to Momo.

Tentang Makoto Shinkai

Makoto Shinkai merupakan sutradara film animasi Jepang yang dikenal karena karya-karyanya yang menyentuh hati dan dapat memainkan emosi para penontonnya. Sebelum Tenki no Ko, beliau memulai kariernya di dunia perfilman dengan film She and Her Cat yang rilis pada tahun 1999. Namun, namanya mulai terkenal ketika ia merilis film 5 Centimeters per Second pada tahun 2007. Film tersebut sukses merebut hati penonton dan membuat Shinkai mulai dikenal di mata dunia.

Karya-karyanya yang pernah dinominasikan dalam acara penghargaan APSA adalah Children Who Chase Lost Voices from Deep Below dan your name. atau Kimi no Na wa pada tahun 2011 dan 2017 lalu. Selain penghargaan dari APSA, Tenki no Ko juga telah memenangkan penghargaan dari gelaran Animation Is Film Festival 2019 dan Scotland Loves Anime 2019 dalam kategori Audience Award.

Selamat kepada Tenki no Ko dan Makoto Shinkai atas penghargaan Asia Pacific Screen Awards (APSA) dalam kategori Best Animated Feature Film!

 


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!

Leave a Comment