Beranda » Mantra, Platform Manga Inovatif dengan AI Penerjemah Berbagai Bahasa

Mantra, Platform Manga Inovatif dengan AI Penerjemah Berbagai Bahasa

Mantra Penerjemah Manga – Di masa serba digital ini, ada kemudahan untuk menyelesaikan semua solusi. Salah satunya, membaca manga. Pada umumnya, terdapat banyak situs-situs manga yang sudah ditranslasi dalam berbagai macam bahasa, tetapi sebagian besar situs tersebut mendukung pembajakan sehingga menitikberatkan copyright para kreator manga (atau biasa disebut mangaka).

Tepat tanggal 2 September 2019 lalu, Mantra resmi hadir. Berbeda dengan platform membaca komik dan manga lainnya, Mantra merupakan “nafas” untuk mangaka. Pasalnya, jasa yang ditawarkan mangaka dan pembacanya yaitu platform komik dengan basis engine translasi untuk menerjemahkan manga-manga yang tersedia di masa kini.

Semua translasi manga di Mantra bersifat otomatis dan penggemar manga tidak perlu kuatir untuk “merogoh” situs-situs bajakan di Internet. Dengan demikian, inilah salah  satu solusi kecil untuk goals yang besar untuk industri manga.

sumber https://pf.mntr.jp/

Tujuan Awal yang ‘Kecil’

Berawal dari masa kecilnya, Shonosuke Ishiwatari sangat familiar dengan AI (Artificial Intelligence) penerjemah, hal ini karena masa kecilnya Ishiwatari bersekolah di sekolah internasional, dan menemukan kesulitan ketika berbicara dengan teman-temannya. Dengan adanya latar belakang tersebut, Ishiwatari membuat sebuah inovasi untuk menghilangkan “pembatas” antara media dan pembacanya.

Ryota Hinami di sisi lain, adalah peneliti luar biasa yang lulus dengan nilai tertinggi di bidang AI. Mereka akhirnya bertemu di University of Tokyo, dan merancang ide Mantra tersebut, dan itulah yang melandasi Mantra sebagai Penerjemah Manga yang akurat hingga saat ini, dan menjadi bisnis yang berfokus pada industri manga.

2 Bulan Mantra Berjalan, Respon Pembaca Positif!

Mantra Penerjemah Manga
Cara kerja Mantra, dari laman berbahasa Jepang kemudian dibaca oleh AI dan diterjemahkan dalam Bahasa Inggris

Sebagai perusahaan yang dikenal sebagai “start-up” bahwa respon-respon baik diberikan tidak hanya pembaca di Jepang, namun di seluruh dunia yang mengetahui Mantra. Manga yang ditawarkan dalam situs tersbut, dasarnya menerima berbagai genre, lalu judul-judul yang populer di luar Jepang. Interview untuk para pembaca Mantra bertujuan untuk meningkatkan kualitas situs tersebut. Respon yang diberikan selalu positif

“Saya bisa membaca manga yang tidak saya ketahui menjadi tahu akan manga ini. Keren!”

“Sebagai penggemar, saya senang bahwa ada situs resmi untuk para pencipta mangaka”

“Sangat bagus! Publikasi manga-manga ini memiliki simultan untuk membaca dalam berbagai Bahasa. Saya ingin melihat lebih banyak karya diterbitkan dengan cara seperti ini.”

Tentu saja dengan respon terbaik oleh pembaca kepada Mantra, para mangaka juga memberikan respon terbaiknya karena dapat menghubungkan penggemar di luar Jepang tanpa rasa khawatir.

 


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!

Leave a Comment