Mau nonton beragam siaran TV Jepang serta dengarkan siaran Radio lokal secara gratis? Klik disini!

Bukan Untuk Bisnis, Kyoto Animation Pakai Dana Donasi Untuk Santunan Korban

landing page situs kyoani

Studio Kyoto Animation (KyoAni) belum menjelaskan secara spesifik bagaimana pengalangan dana akan digunakan nantinya. Kini, perusahaan tersebut mengungkapkan tujuan daripada aksi tersebut.

Dari Twitter politikus Jepang yang menjabat sebagai Ketua DPR Komite Finansial, Shinichi Isa, menulis bahwa KyoAni tidak memakai uang tersebut untuk memulihkan pengoperasian bisnisnya.

KyoAni akan mengalirkan dana terkumpul tersebut untuk menyantuni para korban yang terdampak dalam insiden tersebut.

“Kyoto Animation berniat tidak akan menggunakan uang yang diterima dari para donatur berasal dari berbagai negara untuk pemulihan bisnisnya. Namun, mereka akan lebih cenderung untuk menolong para korban dan keluarganya dengan uang yang sudah terkumpul tersebut.

“Perusahaan sendiri tidak ingin mempertahankan dukungan finansial dari manapun, termasuk yang datang dari institusi pemerintah. Mereka ingin terus maju dengan kekuatannya sendiri.”

Belum ada pernyataan resmi dari Kyoto Animation mengenai ini, namun tanggapan netizen terhadap cuitan tersebut datang dari para fans produksi KyoAni, antara lain:

“Namanya juga KyoAni, sih… ya ga heran.”

“Mereka selalu menaruh para karyawannya terlebih dulu daripada perusahaannya, biasa…”

“Gw udah nyumbang banyak banget, dan ngerasa bangga duitnya dipake buat tujuan kayak gini.”

“Mantap bener KyoAni udah memutuskan resolusi kayak gini.”

“Mereka udah perlihatkan gimana kuatnya itu studio, sih.”

Politikus Isa menambahkan bahwa KyoAni akan menggelar upacara pelayatan yang dapat dihadiri oleh fansnya pada 3 dan 4 November di Miyako Messe, Kyoto. Beberapa detil tentang acara tersebut akan menyusul di kemudian hari.

Nama-nama korban yang meninggal dalam insiden kebakaran tersebut akan dipampangkan dalam daftar kerabat kerja pada akhir film Violet Evergarden yang akan dirilis sebentar lagi. Film tersebut, oleh KyoAni, adalah jawaban dari “serangan maut” yang menunjukkan dedikasi para sineas animasi melanjutkan bekarya untuk memproduksi seni mereka.

Donasi untuk KyoAni terus mengalir

Menyusul tragedi Kyoto Animation yang terjadi di Studio 1 18 Juli lalu, studio tersebut membuka rekening bank khusus untuk menerima segala bentuk donasi dari rekan-rekan industri hiburan Jepang maupun komunitas penggemar tersebut.

Termasuk donasi diantaranya adalah dari personil X-Japan, Yoshiki. Dana yang masuk dari dalam maupun luar negeri telah mencapai lebih dari satu milyar Yen, yang diharapkan akan membantu beberapa korban-korban yang masih dalam pemulihan hingga kini.

35 pekerja animasi dalam studio tersebut meregang nyawa sejak insiden terjadi.

Berita Lainnya
manga animal crossing
Animal Crossing Dapat Adaptasi Manga, Akan Terbit Februari 2020!