Beranda » Warganet Rayakan Kemenangan Satoshi di Pokemon League!

Warganet Rayakan Kemenangan Satoshi di Pokemon League!

Minggu, 15 September 2019, dalam episode ke-139 anime Pokemon Sun and Moon ditayangkan di Jepang, Satoshi (atau Ash Ketchum dalam versi Inggris) akhirnya mengungguli lawannya dalam babak final turnamen Pokemon League dan dinobatkan sebagai juara pertama kali dalam region Alola.

Seperti layaknya anime anak-anak biasanya, Pokemon anime disajikan dengan cerita petualangan Satoshi sebagai karakter utama Pokemon versi anime. Satoshi diceritakan adalah anak dari pedesaan yang memiliki impian besar untuk menjadi Pokemon Master dan bertualang memulai pengoleksian Pokemon pada musim pertama animenya tahun 1997. Banyak penonton berasumsi jika Satoshi mungkin dapat memenangkan turnamen berskala besar seperti Pokemon League dalam setiap musim judulnya berlangsung.

Menjadi Pokemon Master itu Perjuangan!

Sejarah Satoshi menanjak karirnya sebagai Pokemon Master berawal dari petualangannya di area Kanto. Masih berusia 10 tahun hingga plot Sun and Moon ini berlangsung, Satoshi bertekad ingin menjadi Pokemon Master terbaik di dunia. Pengembaraan Satoshi menjelajahi banyak benua di dunia Pokemon yang memakan waktu 22 tahun seputar animenya ditayangkan. Tekad yang tidak pantang mundur dari Satoshi ini membuat karakternya unik untuk protagonis dari anime Pokemon tersebut. Dari kesabaran dan ketekunannya ini, Satoshi mengajarkan banyak generasi sepanjang 22 tahun untuk tidak pernah patah arang untuk meraih cita-citanya.

Karir kompetisi petarungan Pokemon-nya berawal dari mengikuti turnamen Pokemon Indigo League pada masa-masa akhir musim animenya, namun harus puas dengan 16 besar setelah dikalahkan saingannya. Enam liga Pokemon telah digeluti sepanjang dua dekade anime, dimana Satoshi selalu tumbang ke 16 besar di Indigo League dalam area Kanto dan delapan besar dalam dua liga berturut-turut di benua Johto dam Hoenn. Seiring dengan animenya, Satoshi melanjutkan untuk berlatih Pokemon-nya untuk mampu bertarung lebih baik hingga bisa meraih semi-final di Sinnoh League dan delapan besar di Vertress League di benua Kalos. Perjuangan dan kesabaran Satoshi membuahkan hasil pada turnamen Kalos League walaupun menjadi runner-up pertandingan final. Kini, Satoshi akhirnya menjuarai turnamen Alola League untuk pertama kalinya dengan tiga Pokemon miliknya, Pikachu, Melmetal dan Lycanroc.

Ramai di Media Sosial!

Kemenangan Satoshi dalam Pokemon League daerah Alola ini langsung viral begitu cepat setelah episode ini tayang. Twitter resmi Pokemon berbahasa Inggris, walaupun berbeda region dari Jepang, menekankan bahwa segalanya adalah mungkin jika percaya kepada diri sendiri, yang menyiratkan kemenangan Satoshi.

Beberapa media besar seperti CNN, ESPN dan sebagainya memperingati perjuangan Satoshi ini dalam Twitter-nya masing-masing.

Bahkan setelah episode 139 tayang di Jepang untuk pertama kali, tak ketinggalan fan art dari berbagai artis Twitter berdatangan melakukan hal yang serupa.

Pengisi Suara ikut Bangga!

Menanggapi hal viral ini pun, Rica Matsumoto, selaku pengisi suara dari Satoshi selama 22 tahun ini, membuka opininya seperti dilansir dari Oricon News. Matsumoto mengatakan bahwa kemenangan pertama Satoshi ini adalah hal yang sangat berkesan baginya. “Ada sebagian perasaan di dalam lubuk hatinya jika ia kecewa yang ia dan teman-teman dibelakangnya ikut berjuang sangat keras hingga kini, walaupun belum dapat memenangkan turnamen tersebut. Sejak ia belum bisa memenangkannya selama lebih dari 20 tahun terakhir ini, orang menyangka pada saat ia mengikuti Alola League jika ia masih tidak juara seperti musim sebelumnya,” ungkap Matsumoto. Ia juga menambahkan bahwa kemenangan di bawah kondisi tersebut membuktikan apa yang Satoshi telah diraih dengan hasil kerja keras, dan membuatnya senang dengan pencapaiannya.

Veronica Taylor, pengisi suara Pokemon di beberapa musim sebelumnya pun melakukan selebrasi di Twitter-nya sebagai tribute untuk karirnya selama ia mengisi suara Ash di Pokemon:

Anime Pokemon sendiri memulai musim pertama tahun 1997, diadaptasi dari serial game Nintendo legendaris dengan judul yang sama setahun sebelumnya oleh pengembang Game Freak. Game ini disutradarakan oleh Satoshi Tajiri, diproduseri oleh Shigeru Miyamoto, dan didesain karakter dan Pokemon-nya oleh Ken Sugimori. Franchise Pokemon telah 22 tahun sukses bercokol di pop kultur Jepang dan seluruh dunia yang setiap selang dua atau tiga tahun merilis judul Pokemon baru. Judul berikutnya, Pokemon Sword and Shield akan berlokasi di benua Galar, yang menyerupai kepulauan Britania Raya, dan akan dirilis 15 November nanti.

Sumber: Oricon News, Livedoor News
Via: Anime News Network, SoraNews24, Crunchyroll
Image via Myu.

Leave a Comment