Mau nonton beragam siaran TV Jepang serta dengarkan siaran Radio lokal secara gratis? Klik disini!

Yuk Intip Panduan Digital untuk Berdemonstrasi!

Maraknya Demonstrasi Massa yang dilakukan oleh Rakyat beberapa hari ini membuat perbincangan Indonesia ramai. Hal yang membuat adanya Demonstrasi serempak di berbagai kota besar ini bertujuan untuk rakyat Indonesia dapat memperjuangkan haknya, serta dapat bersatu padu tanpa mengenal ras, status, dan kondisi.

Tak perlu golongan tertentu untuk ikut Demonstrasi yang dibahas kali ini, namun ada beberapa hal yang perlu dibawa dan diamalkan ketika berpartisipasi Demonstrasi agar aman dan nyaman ketika berdemonstrasi.

Dengan adanya Panduan Digital dalam Demonstrasi Massa ini, kamu dapat tetap up-to-date sambil’ bersenang-senang’ menyuarakan aspirasi kamu sebagai Rakyat Indonesia.

Persiapan Berupa Materil Apakah sebelum Turun ke Jalanan?

Persiapkan Internet Kamu Bebas.

Unduh VPN agar selalu update. Untuk rekomendasi berupa DSK bisa ditinjau disini
Pentingnya DSK yaitu bagi rakyat yang berpartisipasi bisa melakukan pengambilan dokumentasi, serta dapat membagikan informasi-informasi penting secara langsung, dan tanpa halangan.

 

Persiapkan beberapa barang berupa:

  • Atribut demonstrasi

    Bawa peralatan demonstrasi kamu. Seperti prakarya berupa poster atau spanduk, dan megaphone (bila ada). Jika kamu mewakili golongan tertentu, bawalah atribut identitas seperti ‘dresscode’ yang ditentukan golongan anda.

  • Peralatan dokumentasi

    Setiap kejadian membuat suatu kenangan di masa depan, maka penting sekali untuk membawa peralatan dokumentasi seperti smartphone, power bank, camera, dll.

  • Masker

    Gunakan masker untuk melawan polusi dan mengantisipasi adanya penyiraman gas air mata.

  • Air

    Air disini meliputi air putih / minuman anti dehidrasi lainnya minimal 1 liter. Dan Susu untuk mengantisipasi penyiraman gas air mata.

  • Bekal

    Bawalah bekal tambah untuk dimakan seharian atau dibagi oleh rekan-rekan demonstran. Bekal ideologi juga boleh kok… hehe.

  • Topi, Kacamata dan Sunblock

    Topi juga penting agar ketika turun ke jalanan tidak tersengat matahari dan kepanasan.

  • P3K

    Ini merupakan salah satu essentials yang sangat penting, P3K! P3K yang cocok untuk berdemonstrasi berupa plester, perban, koyo, obat luar anti nyeri, antiseptik luka, minyak angin, dan beberapa obat-obatan tertentu jika memiliki riwayat medis.

  • Mainan

    Mainan disini seperti kartu remi atau lainnya. Hal ini untuk menghilangkan kebosanan dan mengeratkan pertemanan.

Sudah Turun ke Jalanan, Apa yang Harus Dilakukan?

  • Jauhi HOAX dan Provokasi. Pastikan cek berkali-kali atas kredibilitas sumber ataupun kejadian untuk menghindari disonansi yang ada.
  • Turunlah bersama gerombolan teman. Karena kamu akan tersesat di kerumunan jika sendiri.
  • Tetap waspada pada atmosfir! Baik area Demonstrasi, maupun dunia Internet
  • Bantu tukang bersih-bersih dengan memungut sampah dan membuangnya ke tempat sampah, agar lingkungan tetap terjaga.
  • HAVE FUN!! Viralkan foto / video / maupun unggahan artikel kalian tentang demonstrasi ke keluarga dan kerabat terdekat kalian.

Informasi pada Panduan ini memang jauh dari kata lengkap, namun dengan adanya Panduan ini dapat membantu kamu agar kamu tetap aman ketika turun ke jalanan untuk berdemonstrasi ria.

Semoga Panduan yang kami berikan dapat berguna.

More Stories
Leiji Matsumoto
Leiji Matsumoto Dilarikan Ke Rumah Sakit Di Italia Dikarenakan Stroke